Pengertian Manajemen Perkantoran
Manajemen
perkantoran adalah suatu kegiatan pengelolaan data dan informasi yang dilakukan
secara teratus, sistematik dan terus menerus, mengikuti kegiatan organisasi
dengan tujuan mencapai keberhasilan tugas organisasi yang bersangkutan.
Pekerjaan kantor atau tata usaha, sering disebut dengan istilah office work
atau clericalwork.
Kantor adalah
setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata
usaha atau pekerjaan tulis menulis.
Manajemen perkantoran
adalah pengarahan menyeluruh terhadap aktivitas-aktivitas ketatausahaan dari
sebuah kantor untuk mencapai tujuan dengan cara yang sehemat-hematnya (
seefisien mungkin) Yang harus diadakan penataan agar pekerjaan tersebut
berjalan dengan baik. Penataan atau pengelolaan terhadap pekerjaan kantor itu
disebut manajemen perkantoran. (Office Management).
Manajemen
perkantoran dapat dikatakan sebagai kekuatan yang tidak terlihat (tidak
terwujud) yang merencanakan, mengorganisasi dan mengkoordinasikan manusia,
uang, metode, material, mesin-mesin, dan pasar (GM) dalam pekerjaan kantor
serta mengarahkan dan megawasinya sesuai dengan tujuan pembinaan, serta tujuan
organisasi tercapai.
The Liang Gie
(1995:2-4) mengutip beberapa perumusan pengertian manajemen perkantoran dari
para ahli, antara lain sebagai berikut:
Arthur Grager
“Office management is the function of administering the commonication and
record service of an organization” (Manajemen Perkantoran adalah fungsi tata
penyelenggaraan terhadap komonikasi dan pelayanan waktu dan suatu organisasi)
William
Leffingwell & Edwin Robinson “Office management as e function, is the
branch of the art and science of management which is concerned with the
effecient performance of office work, whenever and wherever that work is to be
done” (Manajemen perkantoran sebagai sesuatu fungsi adalah cabang dari seni dan
ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran itu
harus dilakukan).
Hal Nourse “It
seems to me that office management in the broather sense might embrance, not
only the generally accepted service function, but also the arise og functional
control administrative direction of most clerical and paperwork”. (manajemen
perkantoran dalam arti lebih luas dapat mencakup tidak hanya fungsi-fungsi pelayanan
perkantoran yang telah diterima pada umumnya, melainkan juga bidang-bidang
mengenai kontrol fungsional dan pengarahan administratif terhadap kebanyakan
pekerjaan kertas dan tulis).
George Terry
“Office management can be defined as the planning can defined as the planning,
controlling, and organizing of office work, and actuating those performing is
so as to achieve the predetermined objective it deals with the life cycle of
bussiness information, and retention, if of permanent value, of destuction if
absolute. (Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan,
pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan
mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan
terlebih dahulu ini bersangkut paut dengan peredaran hidup data dan keterangan
perusahaan dari sejak penciptaannya melalui pemeliharaan, penyebaran dan
penyimpanannya kalau memiliki nilai tetap atau pemusnahannya kalu usang).
- Pengertian Kantor
Perkantoran kantor
berasal dari kata bahasa Belanda “kantoor” dan sering dipadankan dengan
perkataan “Office” yang berasal dari bahasa Inggris. Prajudi (1976:60) telah
menjelaskan pengertian kantor yang bisa berarti:
- Ruang atau kamar kerja, atau ruang tulis
- Markas, atau ruang (kompleks) di mana seorang pengusaha beserta stafnya menjalankan stafnya menjalankan aktivitas-aktivitas pokoknya.
- Biro atau tempat kedudukan pimpinan dari suatu administrasi.
- Instansi, badan, jawatan, perusahaan.
Sedang
perkataan bahasa Inggris “Office” dapat berarti:
- Kewajiban, tugas, fungsi (duty, task function).
- Jabatan (tenure of official position).
- Markas tau ruang di mana seorang pengusaha dan stafnya menjalankan aktivitas usaha pokoknya (quarters, or staff or collective authority of company, government department, etc.)
- Jasa pelayanan (service, kind help)
- Tugas pekerjaan, komposisi dari urusan-urusan tertentu (the work which it is some body’s duty to do, work, and duties)
- Tempat, gedung, yang dipakai sebagai pusat kerja tata usaha (place building, rooms, of bussiness and clerical works)
0 Komentar
Di harapkan Komentar yang bermanfaat