TEKNISI KOMPUTER
A.    SPESIFIKASI KOMPUTER
1.      SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen Dalam arti yang sangat luas istilah sisitem informasi yang sering di gunakan merujuk kepada interaksi antara orang , proses, dan teknologi .Dalam pengertian ini istilah di gunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam proses bisnis.

v  CARA MENAMPILKAN SISTEM INFORMASI
Buka modul Tuneup System Information dengan cara klik Start >All Program>TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp System Information.


 

 v   BAGIAN-BAGIAN SISTEM INFORMASI
1.      Overview
Overview menampilkan informasi ringkas pada komponen paling penting dalam komputer anda.Ini cepat menunjukkan prosesor apa yang terpasang,ramsistem,kinerja kartu grafis,mouse ang digunakan dan setiap informasi yang tersedia mengenai disk drive.
2.      Windows
Disini anda dapat mengetahui persi windows dan internet explorer yang anda gunakan dan saat terakhir anda boot komputer anda.
3.      Display
Semua informasi penting termasuk mode display yang didukung dan kemampuan monitor anda dan kartu grafis,dapat ditemukan disini.
4.      Memory
Disini anda dapat melihat penggunaan memory saat ini dan juga berapa banyak memory yang sedang digunakan oleh masing-masing aplikasi ang sedang dimuat.
5.      Performance
Yang ditampilkan disini adalah semua fakta pada penggunaan proses word,me mory pisik dan ukuran file halaman.Informasi ini ditampilkan dalam tiga real time grafik.
6.      Drives
Untuk setiap drive,disini anda akan ditampilkan informai tentang pengunaaan ruang penyimpanan dan perangkat kers.Anda juga dapat menemukan informasi tentang bagaiman drive anda diatur dibawah file system.
7.      I/O Devices
Ini berisi daftar semua port penting,printer terpasang dan perangkat audio.
8.      Comucation
Ketika koneksi dial up terbuka,dua real time grafik menunjukkan berapa banyak data sedang dikirim dan diterimah dalam kilobite perdetik.
9.      System Devices
Informasi tentang prosesor dan memory BIOS ditampilkan disini.Klik tautan Processor detail untuk melihat informasi rinci pada fitur dari prosesor anda.

2.      DIAGNOSTIK TOOL
Diagnostik Tool adalah jendelah yang menampilkan informasi spesifikasi secara ringkas tentang semua hardware (komponen) dan driver yang teristal pada perangkat komputer. Diagnostik Tool juga merupakan swite teknologi yang digunakan oleh banyak program multimedia di windows.

v   CARA MENAPILKAN DIAGNOSTIK TOOL

1.      Klik tombol star menu windows,ketik file nama dxdiag pada kotak search,kemudian klik atau tekan enter keyboard pada aicon dxdiag yang muncul.
2.      Anda bisa menggunakan konsol run jika komputer anda menggunakan hoes windows vista,hoes windows xp,atau edisi windows sebelumnya.
 








3.        Sekarang jendela diagnostik tool terbuka dengan tab pertama adalah system.Lewat tab ini anda bisa melihat informasi ringkas yang terkait dengan system pada komputer anda.Iyaitu meliputi komputer name,jenis operating system (OS) ,bahasa,produsen/pabrikan komputer,jenis prosesor,memory (RIME) yang terinstal,jenis bios.
                                         














4.    Tekan tab display,yang memberikan informasi tentang device dan driver yang terkait dengan display pada komputer anda,disini anda bisa melihat manufacturer dari VGA (video Grafihics Array),nama dan jenis VGA,kapasitas resolusi maksimal VGA,model dan versi driver untuk VGA.
 












5.      Tekan tab sound satu,yang memberikan informasi tentang output audio untuk headphones.
 














6.      Tekan tab sound dua,yang membarikaninformasi tentang output audio untuk spiker.











7.      Tekan tab input, yang memberikan informasi tentang semua media input yang sedang terinstal pada perangkat komputer anda.
 




3.      DISK MANAGEMENT
Disk Management adalah tool internal dari windows untuk melakukan pengaturan konpigurasi hardisk,SSD,flesdish atau media penyimpanan lainnya.Jadi walau anda menggunakan windows SP,windows vista,windows 8 dan semacamnya yang memiliki desaint tampilan berbeda pasti disk management akan muncul.

v   CARA MENAMPILKAN DISK MANAGEMENT

1.      Klik tombol start dan klik control panel.
2.      Klik sistem dan security.
3.      Klik administrative tool.
4.      Klik 2 kali komputer manajement.
5.      Klik disk management yang ada dibawah storage,
6.      Klik kanan pada hardisk yang ingin dikompresi lalu,klik shrinkvolume.
7.      Klik shrink.
 


                                                                                                                            



4.      PRINT MANAGEMENT
Print Management adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer,gadget lain (scanner,external hard drive,flash drivememory card reader,USB webcam, dan USB speaker) dari komputer mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak sebagai server.

v  CARA MENAMPILKAN PRINT MANAGEMENT

1.      Klik kiri windows button yang terletak pada bagian bawah kiri layar komputer.
2.      Klik kiri pada teks device dan printe.
3.      Klik kanan pada printer yang akan dijadikan default.
4.      Pilih set as default printer sehingga akan terliht seperti gambar dibawah ini.


 


5.      DEVICE DAN PRINTER
Device Dan Printer adalah yang berarti cetak,dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak.dalam dunia komputer,printer termasuk perangkat peripheral output yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

v  CARA MENAMPILKAN DEVICE DAN PRINTER

1.      Hubungkan printer ke pc sesuai dengan yang tertulispada istruksi dari pabrik.
2.      Klik start>Control panel>Hardware and Sound>Printers.
3.      Klik Add a printer
4.      Pada halaman Choose a printer port pilih use an existing port,dan pilihlah port printer sesuai dengan yang kamu pasang ke PC kemudian klik NEXT.

6.      DEVICE MANAGER
DEVICE MANAGER adalah sebuah applet control panel yang ada disistem oprasi microsoft windows.yang memungkinkan bagi kita sebagai pengguna untuk melihat dan mengontrol perangkat keras yang ada dan terinstal pada komputer kita.

v   CARA MENAMPILKAN DEVICE MANAGER

1.      Klik star menu kemudian klik kanan my komputer dan pilih properties.
 






                                           
                                               



2.      Akan muncul kotak dialog bernama sistem properties,klik tab hardwer.
 











3.      Pada tab hardware pilih tombol device manager.