HARDWARE
A.    Input Device (perangkat masukan)
Keyboard
Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar.
1. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangka tmasukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2. Mouse
Mouse
Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
3. Joystick
Joystick
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
4. Trackball
Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5. Light pen
Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).
6. Scanner
Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
7. Barcode Reader
Barcode Reader
Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
8. Digitizer
Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital
9. CD ROM / DVD ROM
CD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
10. Flashdisk
Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.
11. Modem
Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
12. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.
13. Touchpad
Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) keposisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
14. Web cam
 WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.
15. Microphone
Microphone
Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.
B.     Output Device (perangkat keluaran)
Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data.
Macam – MacamPerangkatKeluaran (Output Device):
1. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
2. Printer
Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras yang berfungs iuntuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
4. Projector
Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
5. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
6. Tv Tuner Card
Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
7. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.
8. Router
Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.
9. Microphone
Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubah nya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
10. Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) kedalam komputer.
11. Headset / Headphone
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.
C.    Proses Device (perangkat proses)
1. Casing

Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) di dalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.

2. Power supply

Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
Power supply menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

3. Motherboard / Mainboard
Alat Pemroses / Process Device pada Komputer

Motherboard adalah panrangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.

4. Processor
Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.

5. Memory

Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah yang dapat disimpan

Terdapatduajenis memory, yaitusebagaiberikut.
1.Read Only Memory (ROM)
ROM adalah suatu tempat penyimpanan intruksi yang dirancang oleh pembuat komputer. Data dan intruksi dalam ROM hanyu dapat dibaca dan tidak dapat diubah. Kemampuan penyimpanannya tidak tergantung pada arus listrik ROM memiliki batrai sendiri.

2.Random Access Memory (RAM)
Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
RAM adalah tempat penyimpanan data atau program untuk sementara selama dibutuhkan. Data dalam RAM akan hilang dengan sendirinya apabila arus listrik dimatikan.

6. VGA Card
Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.

7. I/O Card
Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.

8. Sound Card
Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar)
Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer.

9. LAN Card

Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar) 

Berfungsi sebagai jembatan dari komputer  kesebuah jaringan komputer

10.  Wireless Network Adapter
Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar)  
Berfungsi sebagai jembatan dari komputer  kesebuah jaringan komputer dengan hub  wireless atau router wireless

11. Wireless Router

Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar) 

Digunakan untuk membangun suatu  jaringan nirkabel juga dapat digunakan  untuk membagi koneksi internet  broad band seperti jaringan internet, TV  kabel, atau ADSL dengan membagi IP  address pada komuter yang terhubung  dalam jaringan 

12. PC Camera

 Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar) 
Digunakan untuk mengirim video secara  real-time kepada orang lain melalui  komunikasi internet dengan teknologi  webcam

13. Modem 
Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar) 
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal  digital dan mengubah sinyal digital  menjadi analog dari kabel telepon sehingga  komputer dapat terhubung dengan internet

14. Harddisk
Alat Pemroses pada Komputer (Fungsi & Gambar) 
Menjalankan seluruh sistem operasi dan  mekanisme kerja kantor serta menyimpan  setiap data dan informasi.
D.    Storage device (perangkat penyimpanan)
Perangkat penyimpanan atau storage merupakan media untuk menyimpan informasi, baik melalui magnetisasi medium tertentu (magnetic storage media) maupun sinar laser (optical disk). Perangkat ini mutlak diperlukan dalam suatu sistem komputer. Besar kapasitas yang mungkin tersimpan dalam media penyimpanan utama kompute rsangatlah terbatas, sehingga diperlukan perangkat penyimpanan pendukung.
Contohperangkatpenyimpanantersebutantara lain:
a.    Hard Disk Drive
Hasil gambar untuk a.    Hard Disk Drive
Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data. Hard disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Jika hard disk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hard disk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisadisimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB.
b.    Floppy Drive
Hasil gambar untuk floppy disk
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah floppy disk (disket). Floppy disk terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik dan terbungkus atau dilindungi oleh plastik. Kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1-2Mb saja, tetapi sekarang floppy disk dapat menyimpan data hingga 1 Gb. Meskipun kecepatan akses datanya lebih lambat daripada hard disk dan lebih rentan terhadap kerusakan permukaan disknya, floppy disk dulu sangat disukai karena harganya yang lebih murah dari pada removable disk lainnya dan dapat ditulis berkali-kali.
c.    Optical Drive
Hasil gambar untuk optical drive

Optical Drive biasa disebut dengan CD atau DVD drive. Disebut sebagai “optical” karena drive ini menggunakan sinar laser untuk melihat data yang tersimpan di dalam optical disk.
Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapatdiubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. Contoh optical disk adalah CD-R/CD-RW. CD-R berarti CD yang dapatditulisiinformasi / data hanyasekali.
d.    Flash Disk
Hasil gambar untuk flashdisk
Flash Disk merupakan media penyimpanan data yang menggunakan teknologi USB. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus.
Nama flashdisk muncul di tengah kebutuhan masyarakat modern yang dikenal serba sibuk dan serbacepat. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papanketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya kekomputer kita.
E.     Peripheral device (perangkat tambahan)
Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi peripheral komputer tersebut, yaitu :
Apa Itu Peripheral ? dan Contoh contohnya LENGKAP !
•Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
•Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.
Peripheral Input 

Apa Itu Peripheral ? dan Contoh contohnya LENGKAP !


Keyboard
( gambarnomer1 )
 Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Mouse
(gambarnomer2 )
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secaracepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse inidihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Touchpad
( gambarnomer3 )
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball . 
Barcode
( gambarnomer4 ) 
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya.
Scanner
( gambarnomer5 )
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan kedalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin foto copy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Graphics Pads 
( gambar nomer6 )
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin  mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad  atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan( touch sensitive membrane surface).
Peripheral Output
Apa Itu Peripheral ? dan Contoh contohnya LENGKAP !


Monitor
( gambarnomer1 )
Komputer biasanya dihubungkan pada peranti display, juga dikenal sebagai monitor. Monitor biasanya tersedia dalam tipe, ukuran, dan karakteristik yang berbeda. Ketika membeli komputer baru, monitor biasanya harus dibeli terpisah.
Printer
( gambarnomer2 )
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik.
Saat pertama kali disambungkan kekomputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyaknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasil cetakannya.
Speaker
( gambarnomer 3 )
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
Proyektor
( gambarnomer 4 )
Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alatdigunakan untuk presentasi, yang dihubungkan kekomputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor kesuatu screen (layar) ataupun dinding.
Plotter
( gambarnomer 5 )
Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar.