Fungsi Public Relation
Hal ini
sekedar memberikan gambaran tentang fungsi public relation yaitu:
1.
Kegiatan
yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian
dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2.
Memiliki
sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan
semua pihak.
3.
Unsur
penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan
publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana
organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan
menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4.
Usaha
menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan
publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat
berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.
Prinsip
Dasar Public Relations
Terdapat 6 (Enam) prinsip dasar dalam public
relations (PR), yaitu :
1.
Sampaikan kebenaran, biarkan publik tahu apa
yang sebenarnya sedang terjadi serta berikanlah gambaran yang akurat
tentang karakter, idealisme, dan praktik perusahaan.
2.
Buktikan dengan tindakan. 90% persepsi publik
terhadap organisasi ditentukan oleh perbuatan dan 10% lainnya oleh pembicaraan.
3.
Dengarkan pelanggan. Agar perusahaan berjalan
dengan baik pahamilah apa kebutuhan dan keinginan publik. Pastikan para pembuat
keputusan dan pekerja lainnya di perusahaan tahu tentang produk.
4.
Persiapkan untuk hari esok. Buatlah antisipasi
PR dan hapuslah kegiatan yang membuat sulit, ciptakan itikad baik.
5.
Berlakukan PR seakan semua bagian perusahaan
bergantung padanya. Hubungan korporasi merupakan fungsi manajemen. Tidak ada
satupun perusahaan yang dilakukan tanpa mempertimbangkan pengaruhnya pada
publik.
6.
Bersikap tenang, sabar, dan memiliki rasa
humor. Buatlah bingkai dasar kerja PR bagai sebuah mukjizat dengan sikap
konsisten, tenang, serta perhatian pada informasi dan kontak.
0 Komentar
Di harapkan Komentar yang bermanfaat